Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung

https://www.youtube.com/watch?v=tmFaEDCbau8

Teknik Fisika merupakan disiplin ilmu yang hadir untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang seiring berjalannya waktu. Secara historis, Fisika Teknik terutama dikembangkan oleh orang Eropa, yaitu Belanda, dimana disiplin tersebut telah ada sejak pertengahan abad ke-20. Secara kontekstual, disiplin tersebut muncul dari kesadaran perguruan tinggi bahwa perlu adanya pendidikan teknik yang memberikan dasar-dasar yang kuat dalam fisika dan matematika yang luas dan up to date dengan perkembangan teknologi terkini. Oleh karena itu, disiplin ilmu ini diharapkan mampu menjembatani bahkan menutup jurang pemisah antara ilmu pengetahuan dan keteknikan, serta memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu keteknikan dan teknologi.

Dalam kasus Indonesia, Teknik Fisika ITB merupakan program studi Teknik Fisika tertua di Indonesia. Meskipun nama resmi ‘Teknik Fisika’ pertama kali digunakan pada tahun 1959, program ini telah ada sejak satu dekade sebelumnya dengan nama ‘Natuurkundig Ingenieur Afdeling’ dalam bahasa Belanda. Berdirinya program studi Teknik Fisika memiliki harapan untuk menjadi pionir global dalam berbagai penelitian dan karya rekayasa yang membawa nilai bagi masyarakat saat ini dan di masa depan.

Dengan visi dan misi merintis perkembangan teknologi, mahasiswa Teknik Fisika harus dipersiapkan dengan dasar-dasar fisika dan matematika yang kuat. Mahasiswa juga diberikan pengetahuan terkait teknik lainnya yang mempersiapkan mereka untuk berkontribusi pada dunia kerja nyata yang bersifat dinamis, serta menjadi inisiator perubahan. Dengan bahan yang berkualitas, Teknik Fisika ITB yakin akan menghasilkan lulusan yang mampu bekerja di berbagai bidang keteknikan, penelitian, dan ikhtiar lainnya di semua tahapan perkembangan teknologi.

Mencermati perkembangan saat ini yang cukup berorientasi pada pekerjaan yang berbasis teknologi baru, kebutuhan akan engineer yang memiliki skill interdisipliner dan adaptable tentunya semakin meningkat. Hal ini menguntungkan lulusan Teknik Fisika ITB yang sering terpapar berbagai topik dan materi dari berbagai bidang keilmuan selama studi. Yang jelas Teknik Fisika ITB mempersiapkan mahasiswanya menjadi lulusan yang tahan masa depan!

Mengenai program pengajaran, kami mengajak pembaca untuk mengkaji lebih lanjut program-program yang ada di Teknik Fisika ITB. Program sarjana (penghargaan gelar sarjana) membimbing talenta muda untuk mampu memecahkan masalah yang lebih mendasar, sedangkan program pascasarjana (magister dan doktor) menekankan keterlibatan mahasiswa dalam memahami dan memecahkan masalah rekayasa nyata dalam ruang lingkup lapangan.

Secara khusus, Teknik Fisika ITB memiliki kelompok penelitian yaitu Kelompok Penelitian Instrumentasi dan Kontrol, Kelompok Penelitian Fisika Teknik, Kelompok Penelitian Fisika Bangunan, dan Kelompok Penelitian Material Fungsional Lanjutan. Teknik Fisika ITB juga menyediakan topik penelitian yang mencakup spektrum yang luas, termasuk lingkungan binaan, getaran dan akustik, instrumentasi industri dan sistem otomasi, instrumentasi dan teknologi medis, pengukuran optik, sistem kontrol lanjutan, manajemen energi, serta ilmu nano dan biomaterial. Dari sekian banyak kelompok penelitian dan topik, sudah banyak alumni yang mewujudkan dan memantapkan visi dan misi fisika Teknik ITB.